Universitas Wiralodra berdiri pada tanggal 17 Juli 1982, atas prakarsa tokoh-tokoh masyarakat Indramayu terutama para pemangku jabatan di pemerintahan daerah, pendirian itu diawali oleh keinginan untuk memiliki suatu perguruan tinggi yang keberadaannya diperlukan dalam upaya mewujudkan sistem piramidal pendidkan sebagaimana telah dicanangkan Pemerintah Kabupaten Indramayu Sebagai tindak lanjut, A. Djahari Aksan, S.H., yang pada waktu itu menjabat sebagai Bupati Kabupaten Indramayu, membentuk Dewan Penyantun dan Yayasan Pembina Unwir Mendapat dukungan dan persetujuan DPRD untuk mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Indramayu, berdasarkan SK Pimpinan DPRD Kabupaten Indramayu No. 04/Dp.002.2.2/SKP/1982 tanggal 9 Juli 1982.

Pada awal berdirnya di tahun 1982, Unwir terdiri dari 3 fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Jurusan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa Inggris, Jurusan Matematika, dan Jurusan Administrasi Pendidikan); Fakultas Hukum (Jurusan Hukum Pidana dan Hukum Keperdataan); Fakultas Ekonomi (Jurusan Manajemen dan Jurusan Studi Pembangunan).

Melalui Surat Keputusan Dirjen DIKTI 2965/D/T/2005 Tanggal 29 Agustus 2005, mulai tahun akademik 2005/2006 telah dibuka program strata 1 Program Studi Ilmu Pemerintahan di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiralodra Indramayu.